Pengaruh Penghargaan (Reward) Tefthadap Minat Belajar Pendidikan Agama Buddha Kelas Viii Di Sekolah Menengah Pertama Dharma Widya Tangerang
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dalam pembelajaran Pendidikan Buddha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian hadiah terhadap minat dalam pembelajaran Pendidikan Buddha di kelas delapan Sekolah Menengah Pertama Dharma Widya. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan eks post facto (pengukuran setelah kejadian). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan Sekolah Menengah Pertama Dharma Widya yang berjumlah sekitar 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes non-tes dengan hadiah dan minat dalam pembelajaran sebagai instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian hadiah terhadap minat dalam pembelajaran Pendidikan Buddha di kelas delapan Sekolah Menengah Pertama Dharma Widya di Kota Tangerang sebesar 24,6%. Persamaan regresi yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Y = 36.570 + 0.462 X. Pengaruh tersebut terjadi dalam arah yang sama, yang berarti bahwa setiap peningkatan hadiah akan diikuti oleh peningkatan minat dalam pembelajaran Pendidikan di kelas delapan Sekolah Menengah Pertama Dharma Widya, sebaliknya, penurunan hadiah akan diikuti oleh penurunan minat dalam pembelajaran Pendidikan di kelas delapan Sekolah Menengah Pertama Dharma Widya. Berdasarkan penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa untuk mengembangkan minat belajar siswa di kelas delapan Sekolah Menengah Pertama Dharma Widya dapat dicapai dengan memberikan hadiah.