Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Di STAB Negeri Sriwijaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh persepsi siswa terhadap budaya sekolah terhadap motivasi belajar di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh persepsi siswa terhadap budaya sekolah terhadap motivasi belajar di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya. Hasilnya menunjukkan bahwa pengolahan data (Fhitung) dari variabel persepsi siswa terhadap budaya sekolah (X) terhadap variabel motivasi belajar (Y) sebesar 35,482, sedangkan nilai Ftabel untuk n = 76 adalah 6,99. Nilai R yang disesuaikan (adjusted R Square) sebesar 0,315 atau 31,5% menunjukkan kekuatan pengaruh persepsi siswa terhadap budaya sekolah terhadap motivasi belajar. Ada faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi sebesar 68,5% yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari pengolahan data diperoleh persamaan regresi linear sederhana: Y = 71,234 + 0,345 X, yang menunjukkan bahwa peningkatan persepsi siswa terhadap budaya sekolah akan berkontribusi pada motivasi belajar siswa sebesar 0,345.