Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangeran Banten
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa di STABN Sriwijaya. Penelitian ini difokuskan pada mahasiswa STABN Sriwijaya semester genap tahun akademik 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Ex Post Facto. Penelitian ini melibatkan seluruh populasi mahasiswa STABN Sriwijaya di Tangerang Banter, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 116 orang.Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan lima klasifikasi skala likert. Pengujian statistik melibatkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan adanya hubungan positif antara Pelayanan dan Fasilitas dengan Kepuasan Mahasiswa. Kenaikan kualitas Pelayanan dan Fasilitas berkontribusi pada peningkatan Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya sebesar 73,4%. Secara parsial, Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya, demikian juga dengan Fasilitas.Â