Pengelolaan Pendidikan Keagamaan Buddha dengan Model Intensive Class (Study di Sekolah Minggu Buddha Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya)
Abstract
Pengurus Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya menyelenggarakan sekolah Minggu Buddha dengan model intensitas tinggi. Kelas ini diselenggarakan karena masih banyak anak yang tidak mendapatkan Pendidikan Agama Buddha di sekolah formal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan area yang dikelola oleh pengurus dalam menyelenggarakan pendidikan keagamaan Buddha di sekolah Minggu Buddha Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya dengan model intensitas tinggi. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan mulai bulan Agustus hingga Desember 2015. Narasumber terdiri dari pengurus, guru, dan siswa sekolah Minggu Buddha. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.Hasil penelitian dapat disimpulkan: proses pengelolaan pendidikan keagamaan Buddha dengan model intensitas tinggi dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi dalam berbagai bidang, termasuk pembelajaran, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta pembiayaan.