Implikasi Psikologi Perkembangan Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Tujuan implikasi psikologi perkembangan terhadap pendidikan anak usia diniadalah dapat memberikan rangsangan atau stimulasi pendidikan yang sesuaidengan tahap tumbuh kembang anak usia pra sekolah. Pendidikan anak usiadini_merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yangmenitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan danperkembangan fisik, kecerdasan, sosio emosional, bahasa dan komunikasi,sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anakusia dini. Adapun implikasi psikologi perkembangan terhadap pendidikananak usia dini adalah sebagai berikut: (1) terhadap pengembangan kurikulum;(2) sistem pembelajaran; dan (3) sistem penilaian. Metode yang digunakandalam penulisan ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif studikepustakaan. Diharapkan dengan psikologi perkembangan maka bisamenjadikan proses pendidikan pada pendidikan anak usia dini dapatberkembang dengan baik.