Implementasi Cooperative Learning Model Stad (Student Team Achievement Divisions) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Estetik

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan; (1) Implementasi cooperative learning model STAD dalam pembelajaran agama Buddha kelas V pada materi merawat orang sakit; (2) Seberapa efektif cooperative learning model STAD dalam meningkatkan keterampilan menyimak estetik pada materi merawat orang sakit. Tempat penelitian di SDN 3 Getas, Kec. Kaloran, Kab. Temanggung. Waktu penelitian ini Februari s.d Juli 2018. Validitas data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian bahwa Implementasi STAD (Student Team Achievement Divisions) dalam pembelajaran agama Buddha kelas V Belajar mampu mengkondisikan siswa belajar dengan penuh kebersamaan, menyenangkan, dan semangat. Hal ini mengkondisikan siswa tidak merasa bosan saat belajar. Guru tidak lagi mendominasi jalannya pembelajaran. Motivasi siswa belajar tumbuh dengan baik. Implementasi STAD (Student Team Achievement Divisions) sangat efektif diterapkan pada materi merawat orang sakit. Siswa merasakan lebih mudah menyimak kisah Puttigatissa Thera. Siswa mampu menceritakan kisah Puttigatissa Thera dengan baik