Efektwitas Audio-Lingual Method (Alm) Pada Pengajaran Pelafalan Dhammapada Terjemahan Bahasa Inggris
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas Metode Audio-Lingual (ALM) dalam mengajar pengucapan terjemahan Dhammapada dalam bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan desain kelompok kontrol post-test saja. Teknik pengumpulan data menggunakan tes terjemahan Dhammapada dalam bahasa Inggris, sementara analisis data menggunakan one-way anova. Berdasarkan analisis data, diperoleh skor signifikansi sebesar 0.004, yang lebih rendah dari 0.05. Selain itu, nilai F yang diperoleh adalah 10.498 dan nilai F tabel adalah 4.32, karena nilai F yang diperoleh lebih tinggi dari nilai F tabel, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dikatakan bahwa ALM adalah metode yang efektif untuk mengajar pengucapan terjemahan Dhammapada dalam bahasa Inggris.