Analisis Buku Ajar Pendidikan Agama Buddha Sekolaii Dasar Kelas Vi Di Sdn Tambora 01, 02 dan 03 Pagi Jakarta Barat

Abstract

Analisis Buku Teks Buddhisme untuk Pendidikan Sekolah Dasar Kelas VI di SDN Tambora 01, 02, dan 03 Jakarta Barat Awal. Penelitian oleh Dosen Sriwijaya Buddhist College Tangcrang Banten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan materi/buku teks Buddhisme untuk Pendidikan Sekolah Dasar Dharmacakra Kelas 6 (Karya Sulani, S.Ag. dan Sulan Hemajayo, S.Ag., M.M., CV. Gifts Jaya, 2012) dari 4 aspek kelayakan: isi, bahasa, penyajian, dan metode grafis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis studi pustaka dengan metode penelitian kualitatif Analisis Konten Kualitatif (Qualitative Content Analysis) dengan menggunakan teknik deskriptif-kualitatif dan statistik deskriptif kualitatif, yang dikombinasikan dengan studi lapangan pada tahap awal penilaian, tetapi pada saat analisis data, peneliti menggunakan studi pustaka. Berdasarkan analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa buku teks ini menggunakan tiga aspek: isi, bahasa, dan penyajian dalam kategori layak digunakan, meskipun belum memenuhi cakupan kurikulum pada aspek metode grafis pada tahun 2006 dan dalam kategori buku teks yang layak digunakan.