Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru Agama Buddha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh kepemimpinan sekolah dan komunikasi terhadap kinerja guru agama Buddha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, terutama teknik statistik, dan metode eks post facto. Jenis penelitian ini adalah studi multiple regresi, yaitu signifikansi pengaruh kepemimpinan sekolah dan komunikasi terhadap kinerja guru agama Buddha. Subjek penelitian adalah guru agama Buddha di sekolah-sekolah negeri dan swasta di Kota Tangerang, Provinsi Banten, dengan jumlah responden sebanyak 54 orang. Hasil uji reliabilitas instrumen menggunakan koefisien alpha Cronbach sebesar 0,881. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F yang dihitung adalah 12,753 dan sig 0,000 < 0,05, dengan persamaan regresi Y = 52,440 - 0,118X1 + 4,0726X2. Besarnya regresi (R) adalah 0,557. Sementara besarnya pengaruh atau koefisien determinasi dari kepemimpinan sekolah dan komunikasi terhadap kinerja guru agama Buddha (R2) adalah 0,333. Ini berarti bahwa pengaruh kepemimpinan sekolah dan komunikasi terhadap kinerja guru agama Buddha sebesar 33,34%, yang termasuk dalam kategori sedang.