Penerapan Praktik Meditasi Di Sekolah Berbasis Buddhis Banten
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai praktik meditasi di sekolah-sekolah berbasis Buddha di Banten. Sekolah-sekolah tersebut meliputi: Sekolah Dharma Putra, Sekolah Ariya Metta, Sekolah Atisa Dipamkara, Sekolah Jaya Manggala, Sekolah Bodhisatta, Sekolah Punna Karya, Perguruan Buddhi, dan Sekolah Ehipassiko. Penelitian ini berfokus pada nama, jenis, tujuan, waktu pelaksanaan, lokasi, dan posisi meditasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik meditasi di sekolah-sekolah berbasis Buddha di Banten didasarkan pada ajaran Buddha dengan berbagai nama, jenis, waktu, lokasi, dan posisi meditasi, tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu membentuk karakter positif siswa.