Pemanfaatan Tik Dalam Peningkatan Blended Learning Guru Pendidikan Agama Buddha Sma Dan Smk Di Tangerang

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan TeknologiInformasi dan Komunikasi (TIK) dalam peningkatan blended learning guruPendidikan Agama Buddha SMA dan SMK di Tangerang. Penelitian berfokuspada pemanfaatan TIK dalam peningkatan metode pembelajaran yangdigunakan guru Pendidikan Agama Buddha. Lebih spesifik pada metode blendedlearning guru Pendidikan Agama Buddha SMA dan SMK di Tangerang. Jenispenelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Objek penelitian adalahbentuk-bentuk dan pola pemanfaatan TIK, serta metode blended learning guruPendidikan Agama Buddha. Teknik pengumpulan data dengan teknik nontes.Peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian. Metode pengumpulan datadengan wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengankredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data denganmodel Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan bentuk-bentukpemanfaatan TIK guru Pendidikan Agama Buddha terdiri dari penggunaansmartphone dengan aplikasi pesan instan dan jejaring sosial, mengirim gambardan foto melalui aplikasi jejaring sosial, mengakses dan menggunakan internet,serta membuat media pembelajaran. Pola pemanfaatan TIK guru PendidikanAgama Buddha SMA dan SMK di Tangerang adalah sharing informasi, mengirimtugas dan materi pembelajaran, mencari materi pembelajaran, serta membuatmedia pembelajaran. Pemanfaatan TIK dalam peningkatan blended learning guruPendidikan Agama Buddha SMA dan SMK di Tangerang terdiri daripemanfaatan jejaring sosial, penggunaan teknologi internet, penggunaan email,dan membuat media pembelajaran berbasis multimedia interaktif.