Pengaruh Minat Baca Terhadap Kemampuan Berorasi Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berorasi dan minat membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari minat membaca terhadap kemampuan berorasi mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Sriwijaya atau tidak.Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Sriwijaya Tangerang, Banten, pada tahun akademik 2014-2015. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 104 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non-tes dengan kuesioner sebagai instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Analisis data dilakukan menggunakan komputer dengan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 15.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh minat membaca terhadap kemampuan berorasi mahasiswa dengan skor F sebesar 3,116 dan probabilitas (p) 0,040. Skor korelasi (R) sebesar 0,172 (kategori lemah). Kontribusi yang diberikan oleh variabel minat membaca adalah sebesar 36,5%. Berdasarkan hasil regresi linear sederhana, didapatkan skor konstanta sebesar 37,665 dan koefisien regresi sebesar 0,199 (regresi positif).Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh minat membaca terhadap kemampuan berorasi mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Sriwijaya Tangerang, Banten. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai calon Dharmaduta seharusnya meningkatkan minat membaca agar dapat meningkatkan kualitas berorasi dan memberikan Dhammadesana dengan baik. Â