Penggunaan Model STAD Berbantuan Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Kemampuan Memahami Keajaiban Pencapaian Penerangan Sempurna SDN Jrahi 01 Gunungwungkal Pati Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023

Abstract

Penelitian tentang Pendidikan Agama Buddha di kelas VI SDN Jrahi 01 semester I tahun pelajaran 2022/2023 mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Keajaiban Pencapaian Penerangan Sempurna masih rendah, dengan hanya 33% siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75, padahal target peneliti adalah 85%. Untuk mengatasi hal ini, peneliti menerapkan Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan bantuan komik, bertujuan meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan: motivasi belajar siswa meningkat dari 33% di pra-siklus menjadi 67% di siklus I dan 100% di siklus II, sementara pemahaman materi meningkat dari 33% menjadi 67% di siklus I dan 100% di siklus II. Nilai rata-rata siswa naik dari 63 di pra-siklus menjadi 77 di siklus I dan 90 di siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan Metode Pembelajaran STAD dengan bantuan komik efektif meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa pada materi Keajaiban Pencapaian Penerangan Sempurna.