Analisis Potensi Penyebab Kecurangan Akademik Mahasiswa STABN Sriwijaya

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatifyang bertujuan untuk menganalisis potensi penyebab kecurangan akademikmahasiswa STABN Sriwijaya. Penelitian ini melibatkan 104 mahasiswa yangdipilih menggunakan disproportionated stratified random sampling. Datapenelitian dikumpulkan menggunakan angket dengan skala Likerttermodifikasi (skala empat). Angket tersebut memuat 48 butir pernyataanyang terbagi ke dalam komponen tekanan (pressure) sebanyak 10 butirpernyataan, peluang (opportunity) sebanyak 15 butir pernyataan, rasionalisasi(rationalization) sebanyak 13 butir pernyataan, dan kemampuan (capability)sebanyak 10 butir pernyataan. Keseluruhan data dianalisis denganmenggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwakomponen yang paling dominan berpotensi menjadi penyebab mahasiswaSTABN Sriwijaya melakukan kecurangan akademik adalah komponentekanan (pressure) dengan rerata skor mencapai 64,59 khususnya padaindikator tekanan keuangan, kemudian disusul dengan komponenkemampuan (capability) dengan rerata skor mencapai 61,97 khususnya padaindikator kemampuan menempatkan diri. Sementara komponen peluang(opportunity) memperoleh rerata skor mencapai 57,96 khususnya padaindikator kurangnya pengendalian untuk mencegah dan/atau mendeteksikecurangan dan komponen rasionalisasi (rationalization) dengan rerata skormencapai 57,05 khususnya pada indikator tidak ada pihak yang dirugikan.