Motivasi Mahasiswa Untuk Berwirausaha Melalui Media Film Bertema Kewirausahaan
Abstract
Penelitian ini mengkaji masalah kurangnya jumlah pengusaha yang tersedia di Indonesia saat ini. Salah satu indikasi dari kurangnya jumlah pengusaha muda adalah minimnya motivasi di kalangan mahasiswa yang berkeinginan menjadi pengusaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah mahasiswa mendapatkan motivasi untuk mencoba kewirausahaan melalui media film bertema kewirausahaan. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan melakukan wawancara mendalam terhadap 8 responden. Penelitian bertujuan untuk memotivasi mahasiswa menjadi pengusaha melalui media film bertema kewirausahaan, dilaksanakan di Universitas XYZ, Cikarang, dari Februari hingga September 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara oleh peneliti. Validitas instrumen penelitian diuji dengan observasi berkelanjutan dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman mahasiswa tentang kewirausahaan sebelum mengikuti kursus kewirausahaan masih belum optimal; 2) Terjadi peningkatan pengetahuan kewirausahaan setelah mengikuti kursus kewirausahaan; 3) Media yang digunakan untuk memperluas wawasan kewirausahaan sangat beragam; 4) Film bertema kewirausahaan efektif sebagai media untuk memotivasi mahasiswa menjadi pengusaha.