Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Siswa Kelas Viii A Sekolah Menengah Pertama Perguruan Buddhi Di Kota Tangerang

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Pendidikan  Agama Buddha siswa kelas  VIII A yang  disebabkan  siswa yang individual dan pasif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Buddha Siswa Kelas VIII A. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Buddha dan siswa kelas VIII A sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data tes dan teknik non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Buddha siswa kelas VIII A, hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar dari rata-rata siklus I sebesar 58% dan meningkat menjadi 88% pada siklus II.