Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Dosen dan Mahasiswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Abstract
Peran dosen dalam menciptakan suasana perkuliahan sangat krusial. Suasana perkuliahan yang akrab dan hangat dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Untuk memunculkan suasana seperti tersebut dibutuhkan komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa yang dinamis. Atas dasar tersebut, peneliti melakukan riset ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa terhadap motivasi belajar mahasiswa Ilmu Komunikasi Buddha (IKB) di STABN Sriwijaya Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survey yang melibatkan 38 mahasiswa Prodi IKB semester 3, 5, dan 7 tahun akademik 2022-2023. Sampel dipilih menggunakan metod? random sampling. Adapun margin of error yang dipakai pada penelitian ini sebesar 5%. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Sedangkan, untuk menganalisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasilnya, uji Regresi sederhana pada hipotesis menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,5. Artinya, terdapat pengaruh bagaimana hubungan antarpribadi dosen dalam mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa