Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Make A Match meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V MIN 1 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan 2 siklus. Penelitian Tindakan kelas yang digunakan menerapkan model kemmis & McTagart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini dibuktikannya dari hasil pengamatan keaktifan siswa pada siklus I dan siklus II. Siklus I mendapatkan persentase rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 74,16% dan siklus II mendapatkan persentase rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 89,78%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V MIN 1 Ponorogo.