Kemampuan Pemahaman Mufrodat dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Siswa Kelas III MI Al-Huda Kesiman Trawas Mojokerto Tahun Ajaran 2022/2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas III di MI Al-Huda Kesiman Mojokerto menganggap pembelajaran bahasa Arab itu sangat sulit. Pemahaman mufrodat menjadi salah satu kunci dalam memahami materi bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pemahaman mufrodat bahasa Arab melalui metode bernyanyi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisisnya menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu hasil pemahaman mufrodat bahasa Arab siswa kelas III di MI Al-Huda Mojokerto melalui metode bernyanyi termasuk dalam tingkat pemahaman rendah yang berarti siswa mampu terjemah mulai dari terjemahan dalam arti sebenarnya semisal, bahasa Arab ke bahasa Indonesia begitu sebaliknya. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai tes mufrodat. Selain itu, dapat dilihat juga ketika siswa diberi pertanyaan siswa berebut untuk menjawab pertanyaan. Kesimpulan, melalui metode bernyanyi siswa dapat memahami mufrodat bahasa Arab dengan mudah.