PENINGKATAN LAYANAN DALAM KETERBATASAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) TENAGA KEPENDIDIKAN (STUDI PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG)

Abstract

Policy paper ini membahas permasalahan ketimpangan antara jumlah mahasiswa dengan jumlah tenaga kependidikan pada Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pelayanan yang baik harus didukung, baik kualitas maupun kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kependidikan yang memadai. Sebagai Satuan Kerja Badan Layanan Umum (BLU), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dapat menyelenggarakan layanan akademik maupun layanan non akademik. Untuk menyelenggarakan layanan tersebut, dibutuhkan adanya SDM yang memadai. Tenaga kependidikan merupakan ujung tombak pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Penulis mencoba untuk mencari solusi atas peningkatan pesat jumlah mahasiswa yang tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah SDM tenaga kependidikan. Kondisi ini menyebabkan rasio jumlah mahasiswa dengan tenaga kependidikan yang tersedia menjadi tidak ideal dan berimbas terhadap kualitas layanan yang diberikan. Layanan yang cepat dan ramah sulit untuk diwujudkan. Dengan metode kualitatif deskriptif, penulis melakukan analisis sumber-sumber permasalahan dan mencari solusi atas permasalahan tersebut. Hasilnya, penulis merekomendasikan: 1) pimpinan memperketat kuota seleksi penerimaan mahasiswa baru; 2) pimpinan membangun sistem aplikasi yang terintegrasi ke dalam satu sistem database berbasis web, Android, dan IOS; 3) pimpinan melibatkan pihak lain dalam penyelenggaraan layanan tertentu; dan 4) pimpinan menggunakan metode Kerja Sama Manajemen (KSM) dalam pengelolaan bisnis non akademik BLU, sehingga SDM yang tersedia bisa lebih fokus kepada layanan akademik sebagai core business BLU UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.