STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SISWA DI KABUPATEN SIAK
Abstract
Artikel ini menjelaskan tentang Peraturan Menteri Agama yang menyatakan bahwa guru agama dituntut untuk bisa memperkuat moderasi beragama di kalangan siswa, maka guru PAI di Kabupaten Siak melakukan upaya pembinaan moderasi beragama yang ditujukan kepada siswa melalui pelbagai strategi, dan metode pembinaan tertentu untuk membangun nilai-nilai moderasi beragama. Tujuan dari penelitian ini adalah: Pertama, untuk menggambarkan bagaimana upaya guru PAI dalam pembinaan tentang moderasi beragama; Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam pembinaan moderasi beragama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru PAI dalam pembinaan moderasi beragama adalah dengan melakukan pembinaan di dalam maupun di luar kelas menggunakan strategi dan metode. Strategi yang digunakan adalah strategi langsung dengan memberikan arahan, teladan, baik di dalam maupun di luar kelas dan strategi tidak langsung, dengan memberikan larangan dan pencegahan. Sedangkan metode yang digunakan adalah (a) metode keteladanan, dengan memberikan teladan yang baik bagi siswa; (b) metode pemberian nasihat, dengan memberikan nasihat sebelum dan menjelang berakhirnya pembelajaran; (c) metode kedisiplinan, dengan memberikan peraturan; (d) pembiasaan, dengan membiasakan siswa untuk mengikuti pengajian dan apel; (e) metode pemberian perhatian khusus, dengan memperhatikan perkembangan sikap siswa yang mencerminkan moderasi beragama; serta (f) metode pemberian hukuman, dengan memberikan sanksi berupa pengurangan nilai agama bagi siswa yang melanggar aturan.