Pencegahan Paham Radikalisme Lewat Penguatan Moderasi Beragama Melalui Ekstrakurikuler Rohani Islam

Abstract

Penguatan moderasi beragama dinilai penting untuk dibangun dalam mewujudkan sikap beragama yang damai dan penuh toleransi. Upaya penguatan moderasi beragama tentu diperlukan kepada generasi muda khususnya siswa sekolah dengan memanfaatkan organisasi kesiswaan seperti Rohani Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan fungsi Rohani Islam dalam penguatan moderasi beragama, menguraikan implementasi penguatan moderasi beragama melalui Rohani Islam dan mendeskripsikan implikasi dari penguatan moderasi beragama melalui rohani Islam di SMA Negeri 1 Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi secara langsung, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa Rohani Islam berfungsi strategis dalam penguatan moderasi beragama di SMA Negeri 1 Binjai. Implementasi penguatan moderasi beragama dilakukan melalui sebuah kegiatan kelompok bersama yang mencakup seluruh siswa dengan agama berbeda dan melalui kampanye moderasi beragama lewat youtube dan media sosial. Implikasi penguatan moderasi beragama terlihat pada peningkatan sikap moderasi beragama siswa di lingkungan sekolah yang tercermin dalam sikap berteman siswa yang tidak membeda-bedakan ras, suku, budaya dan agama. Dengan demikian, melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penguatan moderasi beragama melalui Rohani Islam dapat meningkatkan sikap moderasi beragama siswa di SMA Negeri 1 Binjai.