Daur Muʻallim fī at-Taʻlīm fi al-Madrasah al-Mutawassiṭah al-Ḥukūmiyyah al-Ūlā Jember
Abstract
Guru memiliki peranan vital dalam mensukseskan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember. Guru perlu memiliki kompetensi dalam mengajar dan mendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru sebagai sumber ilmu, motivator, dan sebagai model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting dalam mensukseskan proses belajar-mengajar. Kesuksesan belajar siswa sangat bergantung pada peranan guru. Guru berperan sebagai sumber ilmu pengetahuan sehingga harus menerapkan proses belajar-mengajar yang menarik dan menunjukkan kepada siswa cara belajar yang kreatif dan efektif.