Persepsi Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan di Bank Syariah Indonesia

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kegiatan ekonomi dan lembaga keuangan yang berkembang saat ini adalah sistem pada perbankan syariah. Perbankan syariah menggunakan model bagi hasil di setiap oprasionalnya, salah satu keunggulan yang kompetitif yang di miliki bank pada umumnya adalah pelayanan melalui peningkatan SDM berdasarkan hasil kerja karyawan, pelayanan yang diberikan menciptakan suatu kepercayaan, jika nasabah merasa puas akan pelayanan yang diberikan maka hal itu akan membuat nasabah menjadi loyal terhadap bank. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang di gunakan adalah data primer dan data skunder, yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, koesioner, dan dokumentasi, Analisis data mencakup tahap pengurangan data, penyampaian, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data kemudian diubah menjadi kata-kata atau teks, yang kemudian di masukkan ke dalam cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat, pertama kepercayaan tehadap kualitas pelayanan yang di berikan oleh Bank Syariah indonesia (BSI) KCP Panam Raya dalam meningkatkan jumlah nasabah dapat di lakukan melalui: (a) BSI menerapkan prosedur perbankan sesuai dengan prinsip-prinsip islam (b) BSI melayani calon nasabah penabung dengan baik, (c) BSI melayani nasabah penabung dengan salam dan salam, (d) BSI menunjukan rasa terimakasih dan penghargaan atas kepercayaan nasabah terhadap BSI, (e) BSI menerapkan pengelolaan yang di lakukan oleh lembaga pemerintah membuat pengelolaan dana lebih aman. Sedangkan kedua yaitu Faktor Penghambat Kurangnya Kepercayaan Masyarakat Terhadap Lembaga Keuangan Syariah Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Panam Raya yaitu (a) Kurangnya pemahaman terhadap sistem oprasional perbankan syariah yang dianggap sama dengan sistem oprasional yang ada dalam Bank konvensional. (b) Faktor internal dan eksternal.