Analisis Belajar Berbasis Inkuiri pada Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan permasalahan kurangnya keterlibatan anak dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan lain sebagainya.Sebagian bersar pembelajaran di PAUD masih berpusat pada pembelajaran teacher ceentered.Penelitian ini merpakan penelitian kepustakaan. Peneliti akan mengkaji beberapa teori pembelajaran berbasis inkuiry yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Sumber data di dalam penelitian ini adalah buku-buku yang berhubungan dengan pembelajaran berbasis inkuiry.. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik kepustakaan, dokumentasi yang dikumpulkan melalui teknik fasilitasi. Teknik analisa data di dalam penelitian ini menggunakan analisa interpretasi literasi.Pembelajaran inkuiri adalah suatu bentuk pembelajaran aktif, dimana kemajuan dinilai dengan bagaimana anak mengembangkan keterampilan eksperimental dan analisis pengetahuan yang mereka miliki. Pembelajaran inkuiri ini menuntut anak untuk aktif mencari pengetahuan mereka sendiri tetapi dalam proses pembelajaran guru tetap wajib memantau dan membimbing anak dalam proses pembelajaran. Kendala penerapan SPI yaitu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses berpikir yang bersandarkan kepada dua sayap yang sama pentingnya, yaitu proses belajar dan hasil belajar, sejak lama tertanam dalam budaya belajar anak bahwa belajar pada dasarnya adalah menerima materi pelajaran dari guru, dengan demikian bagi mereka guru adalah sumber belajar yang utama, berhubungan dengan sistem pendidikan kita yang dianggap tidak konsisten.