Implementasi Ekstrakurikuler Gamelan dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadi jenjang pertama dalam pendidikan di Indonesia, dimana dalam pendidikan usia dini memuat 6 aspek perkembangan yang meliputi nilai agama dan moral, aspek fisik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan seni. Seni musik dapat diajarkan pada anak ketika sedang pembelajaran berlangsung ataupun sebagai ekstrakurikuler. Gamelan bertujuan untuk menstimulasi aspek perkembangan anak serta mengembangkan karakter anak usia dini berupa peningkatan rasa tanggung jawab, disiplin, santun, toleransi dan juga gamelan sebagai rasa cinta tanah air serta karakter kebangsaan. Desain penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan metode survei data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa: observasi dan dokumentasi, serta wawancara secara mendalam terhadap informan. Data tersebut dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang baik dalam membentuk dan menanamkan nilai karakter di TK dengan mewawancarai informan yang dilihat dari aspek alat musik gamelan dan instrumen musik. Adapun pendidik dan murid sama-sama memiliki pengaruh positif dan pengaruh negatif terhadap nilai karakter anak.