Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Alat Permainan Edukatif Match Colors di TK Kartika Siliwangi

Abstract

Upaya untuk meningkatkan pemahaman mengenai bentuk geometri dan warna pada anak usia 3-4 tahun di TK Kartika Siliwangi Kota Serang, Banten, dilakukan melalui penerapan Alat Permainan Edukatif (APE) Match Colors. Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mengembangkan permainan Match Colors dengan maksud meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan sampel instrumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa APE Match Colors terbukti cukup efektif dalam membantu meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan Match Colors valid dan efektif sebagai alat untuk mengembangkan dan merangsang perkembangan kognitif anak usia dini.