Efektivitas Penggunaan Media Dinding Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Lontara Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media dinding kata dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siswa kelas III MI At-Thahiriyah Componge, Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini terkait kemampuan membaca aksara lontara siswa masih kurang tepat,  cara baca masih terbata-bata, dan  mudah bosan pada pembelajaran bahasa daerah. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif, khususnya eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja atau  tes praktik kemampuan  membaca aksara lontara dengan menggunakan lembar penilaian sesuai dengan kisi-kisi instrumen kemampuan membaca aksara lontara. Kemudian, dilakukan analisis data secara statistik untuk mengetahui hasil perhitungan nilai pretest-postest, uji normalitas, dan uji hipotesis.. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III MI At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone dengan sampel sebanyak 22 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media dinding kata efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siswa kelas III MI At-Thahiriyah Componge, Kabupaten Bone. Hal itu didasarkan pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Pada nilai pre-test dan post-test, dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 0,05 maka HO ditolak dan H1 diterima, sehingga penggunaan media dinding kata efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siswa kelas III MI At-Thahiriyah Componge, Kabupaten Bone.