Efektivitas Media Ludo dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V MI Nurul Yaqin Lompo, Kabupaten Bone

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Ludo dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V MI Nurul Yaqin Lompo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-experiment, khususnya one group pretest-posttest design. Lokasi penelitian ini adalah MI Nurul Yaqin Lompo, Kabupaten Bone. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Nurul Yaqin Lompo yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Ludo efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pada Uji Paired Sample T-Test dengan menggunakan bantuan pengolahan data SPSS Versi 22. Dari hasil penelitian, diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0.000 0.05. Dengan demikian, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Ludo efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI Nurul Yaqin Lompo, Kabupaten Bone.