Efektivitas Media Uno Stacko dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Uno Stacko dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain yang digunakan yaitu experiment, khususnya one group pretest-posttest design. Lokasi penelitian ini adalah MI Nurul Yaqin Lompo, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan) dan tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Uno Stacko efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pada Uji paired sample t-test dengan menggunakan bantuan pengolahan data SPSS Versi 22. Hasilnya diperoleh signifikan (2-tailed) sebesar 0.000 0.05. Hal itu membuat H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat dikatakan bahwa media Uno Stacko efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone.