Efektivitas Media Kartu Arisan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 MIN 1 Bone

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media kartu arisan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 4 MIN 1 Bone. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Bone. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa dengan menggunakan teknik penarikan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menguji generalisasi hasil penelitian melalui pengujian hipotesis deskriptif dengan menggunakan program Statistikal Package Social Sciens (SPSS) Versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media kartu arisan mampu meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 4 MIN 1 Bone. Media kartu arisan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar IPA sebelum dan sesudah menggunakan media kartu arisan. Nilai rata-rata pretest 45,00 dengan nilai tertinggi 70, sedangkan nilai rata-rata posttest 84,61 dengan nilai tertinggi 100. Dari hasil uji hipotesis dengan pengambilan keputusan  yaitu Uji Paired Sample T-Test diperoleh jika nilai signifikansi 0.05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Jika nilai signifikansi 0.05 maka H₀ diterima dan H₁ ditolak. Dari data yang diperoleh bahwa nilai signifikansi) 0.01. artinya penggunaan media kartu arisan dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 4 MIN 1 Bone. Kemudian, efektivitas media dapat dilihat dari nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 73.11. hasil itu jika berdasarkan kategori tafsiran N-Gain Scoreberada pada rentan 56-75 dan termasuk dalam kategori cukup efektif.