Efektivitas Penggunaan Media Tangga Pintar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas I MI Nur Arrahman Kajuara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran tangga pintar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perjumlahan dan pengurangan kelas I MI Nur Arrahman Kajuara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nur Arrahman Kajuara. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik penarikan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menguji generalisasi hasil penelitian melalui pengujian hipotesis deskriptif dengan menggunakan program Statistikal Package Social Sciens (SPSS) Versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media tangga pintar mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media tangga pintar. Uji pretest dengan nilai terendah 30 sedangkan nilai tertinggi 80, dengan nilai rata-rata yaitu 54 berada pada kategori rendah. Sedangkan pada posttest, nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100. Nilai rata-rata yaitu 84.00 yang berada pada kategori tinggi. Dari hasil uji hipotesis dengan pengambilan keputusan, yaitu Uji Paired Sample T-Test diperoleh jika nilai signifikansi (2-tailed) 0.05 maka H₀ ditolak dan  H₁ diterima. Jika nilai signifikansi (2-tailed) 0.05 maka H₀ diterima dan H₁ ditolak. Dari data yang diperoleh bahwa nilai sig.2(tailed) 0.01 maka dapat dikatakan bahwa H₀ ditolak dan  H₁ diterima. Dapat diketahui bahwa nilai mean pada N-Gain Score adalah .7512, nilai yang diperoleh berada pada persentase 75 dengan tafsiran efektif.