Efektivitas Media Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VA MI Al Mukrimin Tonronge
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep IPA menggunakan media Powtoon pada siswa kelas V MI AlMukrimin Tonronge; dan (2) mengetahui efektivitas media Powtoon dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas V MI Al-Mukrimin Tonronge, Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian yang bersifat Pre-Experimen. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Mukrimin Tonronge, Kabupaten Bone pada kelas VA dengan jumlah sampel sebanyak 19 siswa. Data penelitian ini diambil dengan cara observasi dan tes esai. Tes esai dilakukan dua kali, yaitu pada pretest yang dilaksanakan sebelum diberikan perlakuan dan posttest yang dilaksanakan setelah diberikan perlakuan. Nilai tes digunakan untuk mengetahui efektivitas media Powtoon untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas V MI Al-Mukrimin Tonronge. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis paired sample t-tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Menggunakan Media Powtoon pada siswa Kelas V MI Al-Mukrimin Tonronge meningkat dilihat dari nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Sebelum diberi perlakuan nilai rata-rata siswa 41,2. Setelah diberi perlakuan nilai rata-rata siswa 73,8. (2) Efektivitas Media Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V MI Al-Mukrimin Tonronge berdasarkan hasil uji hipotesis uji t paired sampel menggunakan aplikasi jamuvi terdapat signifikansi 0,001 dibawah 0,05. Sedangkan uji efektivitas menggunakan N-Gain score terdapat signifikasi yaitu, 56,7. Nilai itu berada pada kategori Cukup Efektif yang menandakan bahwa Media Powtoon cukup efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VA MI Al-Mukrimin Tonronge, Kabupaten Bone.