Efektivitas Media Mistery Box Broken Square dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Annurain Lonrae Kabupaten Bone

Abstract

Penelitian ini membahas efektivitas penggunaan media mistery box broken square dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas 2 di MI Annurain Lonrae, Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca permulaan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu PreExperiment Design dengan design One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja dan dokumentasi. Data yang diperoleh setelah penelitian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS Statistis Version 25 agar dapat mengetahui hasil perhitungan nilai statistik deskriptif pretest-postest, uji normalitas, dan uji hipostesis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 2 MI Annurain Lonrae dengan siswa yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian setelah dilakukan perlakuan menggunakan media Mistery Box Broken Square, menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh peserta didik kelas 2 pada saat post-test terjadi peningkatan dengan melihat kriteria keterampilan membaca permulaan dengan rata-rata sebesar 80.65 dan dapat dilihat dari uji-t pada nilai pretest dan postest, dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti media Mistery Box Broken Square efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 MI Annurain Lonrae Kabupaten Bone dan dapat dilihat bahwa nilai rata-rata N-gain score sebesar 67.99 yang berada pada kategori cukup efektif.