Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Dalam Permendiknas Nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini disebutkan penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangann anak didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pandangan guru terhadap pentingnya penilaian hasil karya dalam pendidikan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakanĀ  merupakan metode penelitianĀ  kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini mengumpulkan perspektif guru PAUD melalui wawancara mendalam dan observasi di salah satu lembaga di TK Ceria Silih Asih yang berada di Pangauban Batujajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menganggap penilaian hasil karya penting untuk meningkatkan keterlibatan anak, memperkuat hubungan guru-murid, dan membantu penilaian perkembangan individu. Guru juga menekankan bahwa penilaian hasil karya bukan hanya produk akhir, tetapi proses kreatif yang mendukung perkembangan berbagai aspek anak. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan khususnya bagi peneliti danĀ  bagi pendidik dan pembuat kebijakan tentang pentingnya mengintegrasikan kegiatan hasil karya dalam kurikulum PAUD untuk mengoptimalkan perkembangan anak sejak dini.