Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini
Abstract
Media merupakan salah satu sarana yang dapat menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan media pembelajaran efektif dalam menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, diaman seluruh data diambil melalui penelitian terdahulu berupa jurnal dan buku. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran efektif dalam menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini diataranya adalah media catur ekspresi, permainan tradisional, metode berbcerita, media permainan face poly, bermain peran, penggunaan media permainan puzzle, animation video learning media, literasi media audio visual, media video animasi. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan rujukan bagi para pendidikan dan praktisi anak usia dini dalam melakukan aktivitas stimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini, hal ini telah diuji dalam beberapa penelitian dan dipublikasikan secara ketat pada jurnal ilmiah.