Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan

Abstract

Anak merupakan titipan sang ilahi kepada sepasang kekasih yang diikat melalui pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang metode pendidikan anak secara islami menurut pemikiran Abdullah Nashih Ulwan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Library research, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan bahan-bahan yang diperoleh dari berbagai sumber, yang menganalisis pesan-pesan yang diperoleh melalui artikel, buku dan website online. Hasil penelitian ini ditemukan 5 (lima) metode pendidikan anak menurut Nashih Ulwan efektif digunakan bila mengetahui waktu penggunaannya sebagai berikut; (1) pendidikan dengan keteladanan, metode ini digunakan pada setiap saat, karena segala sesuatu yang dilakukan orang tua akan menjadi lahan pembelajaran bagi anak (2) pendidikan dengan adat kebiasaan, metode ini digunakan untuk pembinaan anak dalam pemahaman dan pembiasaan tentang beribadah, berakhlak dan keimanan. (3) pendidikan dengan nasehat, metode ini digunakan ketika anak melakukan suatu kesalahan. Sebagai orang tua harus memberikan nasehat yang dapat menyentuh hati agar menghidupkan rasa anak yang  apabila melakukan suatu kesalahan tidak dilakukan lagi. (4)Pendidikan dengan kasih sayang, metode ini digunakan saat anak kesepian dan sedih karena anak tanpa kasih sayang orang tuanya bisa jatuh ke dalam kegelapan untuk mengisi kesepiannya. (5)Pendidikan dengan hukuman,  metode ini bisa digunakan apabila anak sering mengulang kesalahan yang sama, metode ini bisa digunakan bila kita sudah menggunakan metode yang ke tiga. Menggunakan metode hukuman harus diperhatikan hukuman yang diberikan tidak berupa kekerasan yang dapat menghancurkan psikologis anak.