Implementasi Permainan Magic Bag dalam Mengembangan Kemampuan Fisik Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Media pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini sangat penting untuk menstimulasi perkembangan anak, salah satunya pembelajaran dengan metode pembelajaran APE dengan menggunakan media permainan Magic Bag. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan kemampuan Fisik anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas, dengan siklus terdiri dari beberapa langkah, yaitu: (1) Perencanaan (planning), (2) Tindakan (action), (3) Observasi (observation). Subjek pada penelitian ini adalah anak usia dini kelompok A di TK Labschool UPI Serang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak yang berada pada TK masih memiliki kekurangan terkait aspek perkembangan fisik, terutama dalam kemampuan menggerakkan jari tangan dan fokus mata. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media permainan Magic Bag dapat meningkatkan kemampuan fisik anak melalui kegiatan bermain yang menyenangkan. Media Magic Bag diharapkan dapat merangsang anak untuk lebih aktif dalam proses belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.