Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Kepemimpinan dalam kelembagaan pendidikan anak usia dini sangat penting dalam meningkatkan mutu kelembagaan, kualitas pendidikan dan kemajuan sebuah lembaga pendidikan anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pola kepemimpinan kelembagaan pada pendidikan anak usia dini. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, diaman seluruh data diambil melalui penelitian terdahulu berupa jurnal dan buku, secara keseluruhan penelitian ini tidak memiliki lokasi penelitian, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi pada 10 artikel ilmiah yang berkaitan dangan tema penelitian, data yang terkumpul dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni bahwa pemimpin yang kreatif tergambar dari kemajuan lembaga pendidikan yang dipimpinnya, kepala PAUD sebagai pemimpin memiliki tanggung jawab besar yang wajib diemban sebagai wujud dari mandat organisasi, upaya penguatan kelembagaan tidak lepas dari pengaruh pimpinan, kepemimpinan kepala sekolah dengan pendekatan gaya kepemimpinan tranformasional akan lebih muda mempengaruhi dan menggerakkan bawahannya untuk bisa lebih optimal dalam pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan.