في مادة "الأسرة والبيت " للمدرسة العالية الإسلامية E Handout تصميم
Abstract
Mempersiapkan materi ajar yang inovatif sangat penting untuk memudahkan guru dan siswa dalam pembelajaran. Di lapangan masih jarang guru Bahasa Arab yang menyiapkan materi ajar yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-Handout untuk pembelajaran Bahasa Arab. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Dalam penelitian ini terdapat sepuluh Langkah, namun peneliti hanya menggunakan enam langkah saja yaitu analisis kebutuhan dan masalah, pengumpulan informasi, desain Produk, validasi produk, revisi produk, dan pengujian produk. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan angket. Sampel dan informan yang digunakan peneliti adalah 27 siswa, dan 4 dosen. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan teori Miles & Hubberman dan analisis kuantitatif dengan persentase (%). Hasil penelitian adalah : (1) guru tidak menggunakan bahan ajar sehingga sebagian besar siswa merasa bosan dan tidak termotivasi dalam pembelajaran Bahasa Arab dan dari penelitian sebelumnya tidak terdapat E-Handout dalam pembelajaran bahasa Arab, (2) Data yang digunakan untuk desain E-Hadout bahasa Arab yaitu Microsoft Word, Pinterest & Canva, (3) telah dihasilkan E-Handout Bahasa Arab yang inovatif, (4) Hasil Validasi dari aspek isi, Bahasa 88,3% dan Desain 100%, bahwa E-Handout yang didesain telah layak untuk digunakan dengan saran perbaikan, (5) telah menghasilkan E-Handout bahasa Arab yang menarik, inovatif, sederhana, dan mudah untuk digunakan, (6) Hasil pengujian menunjukkan bahwa buku pengembang efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Peneliti menemukan hasil Paired Samples T Test pada tingkat signifikansi (Sig) 0,00 < (Sig) 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.