FUNGSI KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
AbstractLearning is an activity carried out by someone intentionally and in a conscious state to be able to gain an understanding or new knowledge so that a person experiences relatively good behavior changes in thinking and acting in everyday life. The rise of teachers who only carry out their profession as teachers but forget the obligations and nature of a teacher. In addition, many teachers ignore creativity as Islamic religious education teachers, this is necessary so that student achievement and learning outcomes can improve the quality of their learning. The research in this article uses a qualitative research method developed (Library Research). The results of this study are that creativity in learning that is applied by Islamic religious education teachers can have many positive impacts during learning that affect increased results and achievement in learning. For example in increasing the interest of students in developing the skills or expertise they have. The creativity of Islamic religious education teachers can build everything that has a positive impact on students which makes them enthusiastic and active in learning.Keywords : Teacher creativity, PAI teacher creativity function, creativity function in improving student learning outcomes.AbstrakBelajar merupakan aktivitas yang dijalankan seseorang dengan sengaja dan dalam keadaan sadar untuk dapat memperoleh suatu pemahaman atau pengetahuan baru sehingga menjadikan seseorang mengalami perubahan perilaku yang relatif baik dalam berpikir, maupun dalam bertindak di kehidupan sehari-hari. Maraknya guru yang hanya menjalankan profesi sebagai guru tapi melupakan kewajiban dan hakikat dari seorang guru. Selain itu banyak guru mengabaikan kreativitas sebagai guru pendidikan agama Islam, hal ini diperlukan agar prestasi dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan kualitas belajarnya. Penelitian dalam artikel ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang dikembangkan (Library Research). Hasil dari penelitian ini adalah kreativitas dalam pembelajaran yang diaplikasikan oleh guru pendidikan agama Islam dapat memberikan banyak dampak positif pada saat pembelajaran yang berpengaruh pada peningkatan hasil dan prestasi dalam belajar. Contohnya dalam peningkatan minat peserta didik dalam mengembangkan skill atau keahlian yang dimilikinya. Kreativitas guru pendidikan agama Islam dapat membangun segala hal yang berdampak positif dalam diri peserta didik yang menjadikannya bersemangat serta aktif dalam pembelajaran.Kata Kunci : Kreativitas guru, fungsi kreativitas guru PAI, fungsi kreativitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa.