PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN PERWARI TRISULA VI
Abstract
AbstractThis research was conducted to find out how the implementation of planting Islamic values in KB Perwari Trisula VI was like. By looking at the era that is growing rapidly, the association is getting freer and the development of increasingly sophisticated technology and information, of course, it is very important that Islamic values are instilled in children from an early age. Early childhood or childhood, which includes children aged 0-5 years, this age is the golden age. The age of the first five years is the period when the basic personality of the individual is formed, during this period the child is experiencing extraordinary growth and development. In KB Perwari Trisula VI, the inculcation of Islamic values is carried out using methods that are appropriate to the abilities and development of students and by integrating six aspects of developmental achievement in early childhood. One of the methods used in KB Perwari Trisula VI include: the singing method, the playing method, the habituation method, the field trip method and the exemplary method. There are six aspects of development that need to be optimized in early childhood. Aspects of these developments include: religious and moral values, physical-motor, cognitive, language, social and artistic. This study used a qualitative research method with observation data collection methods, interviews and document studies.Keyword: Islamic Values, Islam, Early Childhood, Early Childhood Education Programs, Islamic Education. AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui seperti apa pelaksanaan penanaman nilai-nilai keislaman di KB Perwari Trisula VI. Dengan melihat zaman yang semakin berkembang pesat, pergaulan yang semakin bebas serta perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih tentunya sangat penting nilai-nilai keislaman ditanamkan pada anak sejak usia dini. Anak usia dini atau masa kanak-kanak yakni mencakup anak usia 0-5 tahun, usia ini merupakan usia emas (golden age). Usia lima tahun pertama merupakan masa dimana kepribadian dasar individu terbentuk, pada masa tersebut anak sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat luar biasa. Di KB Perwari Trisula VI penanaman nilai-nilai keislaman dilakukan dengan menggunakan metode yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak didik serta dengan memadukan enam aspek pencapaian perkembangan pada anak usia dini. Salah satu metode yang digunakan di KB Perwari Trisula VI antara lain: metode bernyanyi, metode bermain, metode pembiasaan, metode Karyawisata dan metode keteladanan. Ada enam aspek perkembangan yang perlu dioptimalkan pada anak usia dini. Aspek perkembangan tersebut antara lain: nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial mosional dan seni. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kulitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumen.Kata Kunci: Nilai-Nilai Keislaman, Islam, Anak Usia Dini, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Agama Islam