Quora sebagai Media Dakwah Bil Qalam: Analisis Karakteristik dan Strategi Penggunaannya

Abstract

Tulisan ini dibuat berdasarkan kebutuhan penulisan pesan dakwah di media sosial secara mendalam, argumentatif, dan bisa dipertanggungjawabkan sehingga pesan dakwah bisa diterima dengan baik oleh mad’u yang memiliki minat terhadap literasi dakwah. Quora dianggap sebagai media sosial yang memiliki karakteristik yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, seperti memiliki pengguna yang tersegmentasi; jumlah pengguna yang selalu meningkat per tahun; fitur tanya jawab yang bisa dimanfaatkan untuk menuliskan pesan dakwah; jumlah karakter penulisan jawaban yang tidak terbatas; serta fitur ruang yang memungkinkan antar pengguna saling mendiskusikan topik yang sama. kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik media sosial Quora dan menganalisis penggunaannya untuk kepentingan dakwah bil Qalam. Harapannya, penilitian ini bisa dimanfaatkan untuk para praktisi dakwah yang membutuhkan banyak ruang untuk menuliskan pesan-pesan dakwah secara mendalam, argumentative, dan bisa dipertanggungjawabkan. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik adaptasi teori. Kajian ini menghasilkan suatu temuan bahwa penggunaan Quora sebagai media dakwah diantaranya adalah memanfaatkan fitur pemilihan topik untuk menentukan mad’u; seting kredibilitas da’i melalui fitur profiling; penulisan pesan dakwah yang mendalam serta publikasi tulisan melalui pemanfaatan fitur tanya jawab, komentar, serta fitur ruang.