Kemampuan Pukulan Forehand Drive Pada Permainan Tenis Meja Melalui Metode Praktik Lapangan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan berbagai cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja dengan menggunakan teknik praktik lapangan. Keberanian siswa meningkat secara signifikan dalam penelitian tindakan kelas yang menggunakan praktik lapangan sebagai metode pembelajaran dalam tahap permainan tenis meja dalam mata pelajaran Penjasorkes. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus. Kemampuan pukulan forehand drive siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo menunjukkan ketuntasan pada tahap observasi awal. Kemampuan mereka meningkat dari 49.14 pada kondisi awal menjadi 72.20 pada akhir siklus I, kemudian meningkat menjadi 80.23 pada akhir siklus II. Dengan demikian, ini menunjukkan bahwa penerapan praktik lapangan dalam instruksi mempengaruhi kemampuan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan praktik lapangan dalam pembelajaran memiliki dampak yang signifikan dan motivasi belajar yang signifikan terhadap hasil belajar pendidikan jasmani dan kesehatan, khususnya kemampuan untuk melakukan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja.