Spiritual Intelligence (SQ) and Their Relationship with Intellectual Intelligence (IQ) of MI Quhas School Students
Abstract
Kecerdasan spiritual berkaitan erat dengan kecerdasan intelektual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kecerdasan spiritual dan hubungannya dengan kecerdasan intelektual siswa MI Quhas Kota Jambi. Dalam penelitian ini, siswa MI Quhas Kota Jambi akan dievaluasi berdasarkan tingkat kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual serta keterkaitannya satu sama lain. Dengan teknik pengambilan sampel secara lengkap, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang didasarkan pada data yang dikumpulkan dan dibahas di atas, siswa MI Quhas Kota Jambi menunjukkan hubungan antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual yang didominasi oleh siswa yang memperoleh skor “sangat baik” (31,25%), “baik” (35,42%), “sedang” (20,83%), dan “rendah” (12,50%). Mengenai kecerdasan intelektual siswa, siswa berada pada kategori “sangat baik” dengan 35,42%, kategori “baik” dengan 37,50%, kategori “sedang” dengan 18,75%, dan kategori “rendah” dengan sisanya 8,33%. Kaitan yang signifikan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual siswa juga dapat disimpulkan dari hasil uji korelasi. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual siswa dipengaruhi secara signifikan oleh kecerdasan spiritual.