Pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Terhadap Akhlak Siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh projek penguatan profil pelajar pancasila gaya hidup berkelanjutan terhadap akhlak siswa. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei dan di analisis melalui regresi linear sederhana. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 5 dan kelas 6 SDN Gorowong 05 Parungpanjang, Kabupaten Bogor tahun ajaran 2023-2024. Sebanyak 77 siswa menjadi sampel pada penelitian ini karena jumlah populasi kurang dari 100 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Projek penguatan profil pelajar pancasila tema gaya hidup berkelanjutan terhadap akhlak siswa fase C hal ini berdasarkan pada hasil penelitian yang telah didapat dan diuji melalui aplikasi IBM SPSS Statistics version 23 diperoleh hasil t hitung sebesar 5,781 lebih besar dari t tabel 1,665 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan diperoleh persamaan Y = 35,845 + 0,583X Koefisien regresi tersebut bernilai positif, dapat dikatakan bahwa arah pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema gaya hidup berkelanjutan  terhadap variabel Akhlak siswa  adalah positif shingga Ha diterima dan H0 ditolak dan didapat bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema gaya hidup berkelanjutan (X) berpengaruh sebesar 30,8% terhadap variabel Akhlak siswa (Y).