MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR LITERASI BUKU FIKSI DAN NON FIKSI MELALUI MODEL THINK WRITE TALK DI KELAS IX.A SMP NEGERI 4 SIBOLGA
Abstract
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Sibolga, Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Model Pembelajaran Think, Write, Talk dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Literasi Buku Fiksi dan Non Fiksi di kelas IX.A Tahun Pelajaran 2019/2020 semester genap. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.A SMP Negeri 4 Sibolga dengan jumlah peserta didik 30 orang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Think, Write, Talk menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 42.95%.Dengan demikian model Pembelajaran Think, Write, Talk dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IX.A di SMP Negeri 4 Sibolga semester genap T.P. 2019/2020 terutama pada materi Literasi Buku Fiksi dan Non Fiksi mata pelajaran Bahasa Indonesia.Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Model pembelajaran Think, Write, Talk