MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR LITERASI BUKU FIKSI DAN NON FIKSI MELALUI MODEL THINK WRITE TALK DI KELAS IX.A SMP NEGERI 4 SIBOLGA

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Sibolga,  Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Model Pembelajaran Think, Write, Talk  dalam pembelajaran yang bertujuan untuk  meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi  Literasi Buku Fiksi dan Non Fiksi di kelas IX.A Tahun Pelajaran 2019/2020 semester genap. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas  IX.A  SMP Negeri 4 Sibolga dengan jumlah peserta didik  30  orang.  Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Think, Write, Talk  menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa  sebesar 42.95%.Dengan demikian model Pembelajaran Think, Write, Talk  dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas  belajar  siswa kelas IX.A   di SMP Negeri 4 Sibolga  semester genap  T.P. 2019/2020  terutama pada materi Literasi Buku Fiksi dan Non Fiksi mata pelajaran Bahasa Indonesia.Kata Kunci : Aktivitas  Belajar, Model  pembelajaran Think, Write, Talk