IMPLEMENTASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DISIVION ALTERNATIF MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TEMA 5 SUBTEMA 1PENGALAMAN MASA KECIL BAGI SISWA DI KELAS I.B SD NEGERI 081228 SIBOLGA

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk perbaikan kinerja penulis sebagai guru kelas dan menjelaskan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif  type Student Teams Achievement Division (STAD) dalam proses belajar mengajar sebagai upaya untuk meningkatkan  motivasi  belajar siswa pada tema 5 subtema 1:Pengalaman Masa Kecil  di kelas I.B SD Negeri 081228 Sibolga   pada tahun pelajaran 2020/2021 semester ganjil. Penelitian ini dilakukan di kelas I.B  yang ditempati oleh 28 orang siswa. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap guru, siswa dan catatan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan tingkat motivasi siswa terhadap tema  5 Subtema 1: Pengalaman Masa Kecil pada siklus I: 59.64  %   dan pada siklus II :  92.50 %. Adanya peningkatan Motivasi Belajar Siswa sebesar : 32.86 %. Peningkatan motivasi belajar siswa, memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa secara individu dengan nilai rata-rata mencapai 79,57 dengan ketuntasan belajar sebesar : 92.86 %.