PELAKSANAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NURUL AMAL KUALA KABUPATEN LANGKAT
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan metode role playing deapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode role playing. Dengan menerapkan metode yang menyenangkan, maka siswa akan lebih tertarik dan memperhatikan ketika belajar. Penelitian ini mengkaji tentang tiga hal, pertama, Pelaksanaan metode role playing pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Amal Kuala Kab, Langkat; kedua, upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Amal Kuala Kab, Langkat; ketiga, Pelaksanaan metode role playing untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Amal Kuala Kab, Langkat. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data menggunakan deskriptif analis. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, Guru serta Siswa kelas IX-A di MTs Nurul Amal Kuala Kab, Langkat. Prosedur pengempulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan metode role playing pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Amal Kuala Kab, Langkat dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan siswa yang lebih antusias dan aktif ketika belajar.