UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKS INTERPERSONAL : SE PRESENTER MELALUI MODEL COOPERATIF SCRIPT DI KELAS X-IPS-1

Abstract

Dengan pendekatan konvensional yang sering digunakan oleh sebagian besar guru, membuat siswa kurang termotivasi untuk belajar karena siswa merasa bosan dan tidak dilibatkan secara aktif. Peneliti memilih Model Cooperatif Script agar pembelajaran menjadi aktif, kreatif dan melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat mudah tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar pengaruh Model Cooperatif Script dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi Teks Interpersonal : Se Presenter di kelas X-IPS-1 SMA Negeri 2 Sibolga Semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam empat kelompok kegiatan yang meliputi : Kegiatan perencanaan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Cooperatif Script terjadi adanya peningkatan hasil belajar hingga mencapai nilai rata-rata kelas 80.06 yang semula 59.09. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75.Dari hasil isian angket yang diberikan kepada 33 siswa yang masuk pada hari itu menyatakan bahwa proses belajar mengajar menggunakan model Cooperatif Script, 100% responden menyatakan bahwa lebih jelas dan menyenangkan. Kesimpulan penulis bahwa model Cooperatif Script cocok dan bermanfaat sebagai model pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pada Teks Interpersonal : Se Presenter.